Pengertian Yang Dimaksud Dengan MULTI MEDIA | Komputer & Internet SEO | @ PubliserAdsense.Blogspot.Com Pengertian Yang Dimaksud Dengan MULTI MEDIA

Selasa, 07 Oktober 2014

PUBLISER ADSENSE

Multimedia memiliki berbagai pengertian.Dean (1996) menyatakan bahwa isitilah multimedia berasal dari teater,yaitu pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium di panggung yang mencakup monitor video, synthesized band,  dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan. Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :

1.Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen, yaitu suara, gambar, dan teks (Mc Cormick,1996).

2.Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data. Media ini dapat audio (suara,musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban,dkk,2002).

3.Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan intraktif yang mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video (Robin dan Linda,2001).

4.Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, dan berkomunikasi (Hofstetter,2001). Berikut adalah pembagian dalam Multimedia :

elemen dalam multimedia 1. Text

Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah text (teks). Teks dapat membentuk kata,surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa.Kebutuhan teks bergantung pada penggunaan aplikasi multimedia.

2.Image

Image (grafik) merupakan hasil sebuah pengambilan citra yang didapat melalui alat penangkap citra,seperti kamera dan scanner,yang hasilnya sering disebut dengan gambar.Gambar bisa berwujud sebuah ikon,foto ataupun simbol.

3.Audio

Audio (suara) adalah komponen multimedia  yang dapat berwujud narasi,musik,efek suara atau penggabungan di antara ketiganya.

4.Video

Video merupakan sajian gambar dan suara yang ditangkap oleh sebuah kamera, yang kemudian disusun ke dalam urutan frame untuk dibaca dalam satuan detik.

5.Animation

Animation (animasi) merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.

6.Virtual Reality

Dalam perkembangannya, komponen multimedia bertambah satu lagi, yaitu virtual reality.

Virtual reality memungkinkan terjadinya hubungan timbal balik antar-user dengan aplikasi multimedia secara nyata.Contohnya seperti Microsoft Suface atau Eye Toy PS 2
Ditulis oleh: Muhammad Ridwan
Komputer PC, Updated at: Selasa, Oktober 07, 2014
Bagikan Artikel :
Categories:

IKomputerpc
Anda sedang membaca Artikel tentang Pengertian Yang Dimaksud Dengan MULTI MEDIA, jika Anda menyukai Artikel ini, silahkan klik IKUTI untuk dapat berlangganan gratis lewat email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru. Ikuti Sekarang! feed